Kepulauan Raja Ampat memang menawarkan pesona luar biasa dengan gugusan pulau karang dan juga keindahan bawah lautnya. Meskipun merupakan wisata mahal banyak traveler ingin mengunjunginya. Bagi Anda yang sedang berkunjung di raja ampat adventure sempatkanlah untuk traveling ke Kepulauan Pianemo. Pulau ini berlokasi di Distrik Waigeo Barat. Pemandangan yang ditawarkan seperti halnya keindahan di Wayag yang merupakan ikon Raja Ampat, namun Pianemo merupakan versi mini. Beberapa hal perlu Anda ketahui sebelum menuju ke Kepulauan Pianemo agar perjalanan Anda terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

Tips Traveling Pianemo
1.    Waktu berangkat
Saat yang tepat bagi Anda untuk traveling ke Kepulauan Pianemo adalah di pagi hari. Hal ini agar Anda bisa menikmati pemandangan laut lebih maksimal dan juga untuk menghindari terik matahari. Pianemo dapat ditempuh dengan menggunakan speedboat dari pelabuhan Waisai yang memakan waktu sekitar 2-3 jam tergantung cuaca. Sepanjang perjalanan Anda tidak perlu takut akan merasa bosan karena pemandangan indah dari birunya laut menemani Anda dan sesekali burung terbang rendah juga ikan yang sesekali melompat.

2.    Membayar retribusi
Birunya air laut berubah hijau bening saat mendekati pulau dan itu artinya Anda diwajibkan untuk membayar retribusi terlebih dahulu setibanya di Pianemo. Saat kapal menepi di salah satu pulau perjalanan menantang selanjutnya menanti Anda.

3.    Mendaki
Bagi Anda yang traveling ke Kepulauan Pianemo, untuk bisa menikmati sensasi utamanya Anda harus mendaki terlebih dahulu menuju bukit. Semua pulau yang berada di Pianemo bukanlah berlantai tanah melainkan didominasi oleh karang yang ditumbuhi pepohonan hijau. Disarankan bagi Anda untuk menggunakan sepatu treking atau sandal yang nyaman karena kontur pendakian berupa karang yang keras dan tajam dengan jalur yang cukup terjal. Mendakilah dengan hati-hati demi keselamatan. Waktu yang Anda butuhkan untuk mendaki adalah sekitar 15 menit, ada sekitar dua ratus lebih anak tangga yang membantu Anda mendaki. Pemandu wisata juga akan menjaga keamanan Anda.

4.    Kamera
Tantangan fisik mendaki bukit akan terbayar semuanya begitu Anda sampai di puncak bukit. Lihatlah ke seluruh penjuru arah dan di semua arah itu hanya ada pemandangan indah. Dari ketinggian Anda dapat melihat dengan  jelas gugusan pulau karang yang menghiasi Raja Ampat membentuk panorama yang luar biasa. Berbagai pulau karang yang memiliki bentuk beragam, ada yang kuncup, melengkung, dan ada juga yang memanjang seperti putri yang sedang tidur layaknya Te Fiti dalam film Moana. Hamparan laut layaknya karpet raksasa dengan warna-warna cantik, dari biru tua, biru muda, hijau toska, hingga hijau bening mampu menyegarkan mata. Jangan lupa untuk mengabadikan keindahan Pulau Pianemo di kamera Anda, sehingga biaya mahal yang dikeluarkan dan perjuangan yang Anda lakukan tidak sia-sia.

Itulah tips untuk membantu Anda yang ingin traveling ke Kepulauan Pianemo. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply