Membahas mengenai penggemukan sapi tentu saja sangat penting bagi peternak sapi khususnya bagi mereka yang akan mencoba berbagai cara supaya sapi yang mereka ternakkan memiliki bobot dan berat yang berkualitas. Karena para peternak akan mendapatkan untung yang besar bila sapi yang mereka hasilkan memiliki bobot tubuh yang besar dan berkualitas.

Proses demi proses pun mereka lakukan demi mendapatkan berat dan bobot sapi yang maksimal dan tentu juga berkualitas. Pemberian pakan secara teratur terutama pemberian pakan yang baik dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh sapi. Karena pakan yang baik akan membantu ketika proses penggemukan sapi.

Berbicara mengenai masalah pakan pada sapi, terdapat dua jenis pakan sapi yang penting dan harus diberikan kedua-duanya. Jenis pakan tersebut terdiri dari pakan hijau dan pakan konsentrat atau fermentasi. Pakan hijau seperti rerumputan, jerami, daun kolonjono, lamtoro, dan lain-lain. Pemberian pakan hijau juga harus dipilih dedaunan yang segar agar kandungan nutrisi di dalamnya dapat diserap oleh sapi.

Selain pakan hijau, pakan fermentasi atau pakan konsentrat juga harus diberikan sebagai pakan tambahan bagi sapi potong. Pakan fermentasi ini bahannya terbuat dari limbah-limbah organic yang difermentasikan terlebih dahulu sebelum diberikan kepada sapi.

Pemberian pakan fermentasi ini memiliki tujuan agar dapat membantu sapi dalam proses perkembangan dan pertumbuhannya secara cepat dan sehat. Selain itu, pemberian pakan fermentasi ini juga bermanfaat seperti : dapat menambah nafsu makan sapi, menghilangkan bau kotoran yang dikeluarkan sapi, dan kualitas kotoran yang dihasilkan dari mengkonsumsi pakan fermentasi ini adalah bisa dimanfaatkan untuk pupuk kandang pada tanaman.

Pakan fermentasi juga dapat disimpan lebih lama dari pakan hijau dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Bila sewaktu-waktu pakan fermentasi ini diberikan kepada sapi tidak habis, maka pakan tersebut bisa diberikan lagi pada jatah makan selanjutnya. Dengan adanya pakan fermentasi ini maka pertumbuhan sapi akan lebih cepat. Daging yang dihasilkannya pun cukup berkualitas dan tidak berbau prengus serta dagingnya rendah kolesterol.

Leave a Reply