Memiliki halaman yang asri plus sebuah kolam ikan hias adalah salah satu hal yang membuat suasana di rumah anda menjadi lebih menyenangkan. Dengan adanya desain kolam ikan minimalis, rumah akan jadi terasa sejuk dan asri. Dan hal ini akan membuat anda merasa lebih nyaman dan membuat fikiran anda kembali segar setelah seharian bekerja dan akhirnya kembali ke rumah.

Namun bagaimana pun, agar suasana tetap nyaman anda harus merawat kolam ikan anda agar selalu bersih. Selain membuatnya enak dilihat, kolam ikan yang bersih dan terawat juga akan membuat ikan hias yang hidup di dalamnya tetap sehat dan tidak mati. Bagi anda yang sudah memiliki desain kolam ikan minimalis depan rumah, namun bingung bagaimana cara terbaik merawatnya, yuk simak Tips Merawat Kolam Ikan Permanen!

  • Jika anda menemukan dasar atau dinding sekitar kolam retak atau rusak, segera perbaiki dengan cara menambalnya dengan campuran antara semen dan pasir.
  • Bagian dasar kolam, meski tidak bocor harus ditimbun dengan sedikit tanah dan diinjak-injak dengan keras.
  • Membersihkan celah papan kayu dan saringan pintu air dari lumut dan lumpur adalah hal yang penting agar sirkulasi air dapat berjalan dengan baik.
  • Membersihkan saluran air kolam dan membersihkan tanaman-tanaman yang tumbuh menutupi saluran kolam atau bagian kolam lainnya.
  • Secara rutin, cek batu-batu hias kolam, jika sudah mulai goyah segera dilekatkan kembali dengan semen.
  • Selalu bersihkan air kolam secara rutin, biasanya dilakukan sebulan sekali. Namun jika kolam sudah keruh sebelum waktu sebulan, anda harus segera membersihkannya.
  • Punguti sampah atau kotoran yang ada di kolam, sampah atau kotoran membuat air keruh dan membuat tampilan kolam jadi tidak menarik.

Itu dia tips yang bisa anda terapkan untuk menjaga dan merawat kolam ikan. Kuncinya adalah menjaga agar air kolam tetap bersih dan bebas keruh. Air kolam yang keruh akan membuat ikan jadi cepat mati, belum lagi tampilan kolam ikan yang jadi tidak menarik lagi.

Leave a Reply