Di jaman yang semakin modern ini memiliki laptop gaming sudah bukanlah hal yang asing. Pasalnya, jika menggunakan laptop biasa tentu tidak maksimal karena speknya standar. Bermain game di PC memerlukan ukuran laptop khusus yang spesifikasinya lebih tinggi sehingga bisa menghasilkan performa cukup tangguh. Maka wajar saja jika kemudian laptop gaming akan dibandrol dengan harga relatif mahal. Tips memilih laptop untuk gaming tentu anda butuhkan jika sewaktu-waktu hendak membelinya.

Terlebih lagi bagi para pecinta game atau yang disebut dengan gamer tentu saja membutuhkan informasi tips agar dapat membeli laptop gaming yang benar-benar ampuh dalam bermain game. Laptop gaming biasanya didesain khusus untuk bermain game, disematkan beberapa komponen spesifikasi yang cukup kuat serta tangguh untuk dapat dimainkan banyak jenis game berat yang cukup menguji adrenaline.

Meskipun banyak orang yang berpendapat bahwa lebih baik bermain game di PC daripada di laptop karena khawatir akan mengurangi performanya, namun anda tidak perlu risau jika memilih laptop gaming yang tentu saja performa serta spesifikasinya sudah mumpuni. Ada banyak laptop yang didesain secara khusus bagi para gaming. Anda yang sedang mencari tips memilih laptop untuk gaming maka tepat sekali membuka artikel ini yang akan mengulas tips tersebut sebagai berikut :

  1. Teliti pada seri chipset VGA

Dalam hal ini bukan tentang urusan besar atau kecilnya ukuran Memory VGA anda, jika demikian maka kesalahan besar apabila anda lebih mempertimbangkan membeli laptop gaming yang ukuran memorinya lebih besar namun seri chipset VGA nya tak mumpuni. Padahal hal tersebut sangat penting karena dibutuhkan sekali untuk bermain game. Anda bisa memperhatikan seri chipsetnya seperti NVIDIA GeForce GT720M, berikut cara membacanya :

– Untuk digit pertama menunjukkan generasinya yaitu VGA generasi ketujuh

– Digit kedua dan ketiga adalah tingkatakn kelas atau performa, jika angkanya lebih tinggi maka performapun lebih bagus

– Paling utama merupakan digit kedua dan ketiga, seperti NVIDIA GeForce GT 720M itu berarti performanya dibawah Nvidia GeForce GT 635M akan tetapi GT 635M tersebut memiliki teknologi lebih canggih karena generasinya lebih baru.

  1. Bagian prosesor yang tidak kalah penting

Meskipun sebagian besar orang lebih memprioritaskan pada VGA namun kebutuhan akan prosesor pada laptop gaming tidak bisa serta merta diabaikan. Paling tidak untuk laptop gaming memilih prosesor Intel atau AMD yang cukup bagus serinya.

  1. Kapasitas Hard disk

Anda juga tidak boleh mengabaikan berapa besar harddisk yang dimiliki oleh laptop gaming, untuk kebutuhan gaming ini minimal laptop harus memiliki HDD 500 GB, anda juga bisa menambahkan lebih untuk mendapat performa lebih baik.

  1. Kapasitas RAM

Sebagai clock speed tentu saja RAM tidak boleh dilupakan ketika memilih laptop gaming supaya aktivitas multitasking laptop gaming anda dapat berjalan dengan mulus ketika bermain game. Paling tidak untuk aktivitas gaming, laptop harus memiliki RAM diatas 4GB.

Demikian informasi tips memilih laptop untuk gaming yang bisa kami berikan, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda ketika membeli laptop gaming.

Leave a Reply