Raja Ampat merupakan kepulauan yang dikelilingi oleh berbagai keindahan alam yang sangat mengagumkan. Mulai dari pesona alamnya, tradisi hingga keindahan bawah lautnya. Tempat wisata raja ampat sangat banyak. Salah satu tempat wisata yang terkenal hingga ke seluruh dunia adalah pulau Wayag.

Pulau Wayag merupakan wisata di Raja Ampat yang wajib kamu kunjungi jika ke Papua. Pasalnya tempat wisata yang satu ini terdiri dari gugusan-gugusan karang tinggi yang sangat indah. Dan juga batuan karang yang terhampar luas di lautan jernih dan luas. Di atas batu karang tumbuh pepohonan hijau yang akan memanjakan mata kita. Tidak sampai di situ saja, pulau dengan luas 155.000 hektar ini juga memiliki air laut yang sangat jernih berwarna biru muda dan biru tua tergantung dari kedalaman laut tersebut. Wisatawan dapat melihat panorama yang sangat mengagumkan itu di atas pulau Karang. Dan bersiap – siaplah dibuat takjub akan salah satu ciptaan Tuhan yang berada di Papua Barat ini.

Pulau Wayag merupakan salah satu tempat wisata di Raja Ampat yang masuk dalam kategori sepuluh tempat menyelam terbaik di dunia. Pasalnya, ketika wisatawan melakukan snorkelling , wisatawan akan menemukan biota laut, dan berbagai jenis ikan yang berlarian kesana kemari di dalam jernihnya air. Karena letak pulau Wayag berada di wilayah segitiga terumbu karang dunia atau yang disebut dengan Coral Triangle, maka jangan heran wisatawan akan menemukan berbagai jenis ikan yang belum pernah ditemui sebelumnya. Tidak sampai di sini, bagi wisatawan yang tidak ingin berenang namun ingin menikmati eksotisme pulau Wayag, dapat berkeliling menggunakan perahu atau kapal. Dari atas kapal ini wisatawan juga dapat melihat keanekaragaman bawah laut.

Pulau yang sudah terkenal sejak tahun 2009 ini terletak di Waigeo Barat, kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Untuk mengunjungi tempat wisata di Raja Ampat yang satu ini, wisatawan dapat memulai perjalanan melalui jalur udara menuju bandara Domine Eduard Osok yang berada di kota Sorong. Nah dari kota Sorong, wisatawan dapat langsung menuju kepulauan Raja Ampat menggunakan perahu. Atau jika wisatawan ingin lebih menikmati lautan atau takut menggunakan jalur udara wisatawan bisa menuju ke pelabuhan terdekat seperti pelabuhan Labobar, pelabuhan Tatamailau, pelabuhan Domine, pelabuhan Gunung Dempo atau pelabuhan Sinabung yang ada di kota Sorong, Papua Barat. nah, dari kota Sorong, wisatawan dapat menggunakan kapal menuju Waisai yang merupakan ibukota Raja Ampat. Dari Waisai wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menuju pulau Wayag. Untuk lebih menghemat biaya saat berwisata ke Raja Ampat, wisatawan dianjurkan mencari penginapan di Waisai, sehingga dapat berkeliling wisata di Raja Ampat sepuasnya. Pastikan  perjalanan menuju Raja Ampat diagendakan jauh-jauh hari sebelumnya dan perisapkanlah dengan matang. Selamat liburan.

Leave a Reply