Siapa yang masih belum tahu sejarah susu kambing etawa? Tidak usah khawatir, kami di sini akan mengupas tuntas tentang sejarah susu kambing etawa. Susu kambing merupakan salah satu minuman susu yang berasal dari kambing betina. Kambing betina ini adalah jenis kambing etawa ini adalah kambing yang berasal dari India. Namun di Negara India, masyarakat san menyebut kambing etawa dengan sebutan kambing jamnapari.Sejarah Susu Kambing Etawa

Kambing etawa memiliki ciri-ciri tinggi kurang lebih 90 sentimeter hingga 127 sentimeter. Jika kambing betina hanya berkisar 92 sentimeter. Kambing etawa jantan memiliki bobot kurang lebih 91 sentimeter, sedangkan kambing etawa betina memilki bobot hanya 63 sentimeter. Kambing tersebut memiliki telinga pajang serta terkulai ke bagian bawah. Hidung dan dahinya cembung. Kambing etawa betina dan jantan memiliki tanduk yang pendek.

Kambing etawa merupakan hasil perkawinan kambing jamnapari dengan kambing lokal yang ada di Indonesia. Hasil dari perkawinan itu lahirlah kambing baru yakni biasanya disebut dengan PE (peranakan etawa). Kambing peranakan etawa memilki ukuran yang hampir sama dengan kambing jamnapari, namun kambing peranakan etawa lebih adaptif terhadap lingkungan yang ada di Indonesia. Kambing etawa merupakan jenis kambing yang berasal dari Negara India.

Sejarah asal mulanya kambing etawa masuk ke Indonesia adalah pada zaman penjajahan. Kambing Jamnapari yang dari India itu dikawinkan silang dengan jenis kambing lokal yang ada di Indonesia dan hasil akhir dari kambing terebut menjadi peranakan kambing etawa. Nah, peranakan kambing etawa inilah yang sudah banyak dibudidayakan di Indonesia.

Hingga saat ini produksi susu kambing etawa meningkat drastis karena sudah banyak orang tahu bahwa susu kambing etawa memilki kaya akan manfaat bagi tubuh. Ada yang mengolah susu kambing etawa yang cair menjadi susu kambing etawa yang bubuk. Hal ini bertujuan agar bisa mempermudah pendistribusianya secara instant dalam penyajianya. Seperti yang kita tahu bahwa susu kambing cair tidak bisa bertahan lama hingga berbulan-bulan.

Demikian artikel kami ini yang membahas tentang sejarah susu kambing etawa di Indonesia. semoga dengan hadirnya artikel ini, bisa membuat anda mengerti akan sejarahnya dari susu kambing etawa tersebut. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply