Pisang merupakan salah satu makanan dikonsumsi oleh seluruh masyarakat dunia. Buah yang mempunyai keanekaragaman jenis ini tersebar luas di seluruh Indonesia serta daerah dengan hujan yang merata sepanjang tahun. Negara yang terkenal dengan pengespor utama pisang seperti Negara Indonesia, Kepulauan Pasifik, negara-negara Amerika Tengah, dan Brasil.

cara menghilangkan jerawat dan bekasnya
Pisang

Pisang mempunyai kandungan gizi yang cukup banyak, diantaranya adalah mampu menyediakan energi yang cukup tinggi, yaitu sebesar 136 kalori setiap 100 gram. Nilai energi pisang ini dua kali lipat daripada energi pada apel yang hanya mengandung 54 kalori pada setiap 100 gram.

Tidak hanya mampu menyediakan energi yang tinggi, buah pisang juga kaya dengan mineral seperti fosfor, magnesium, kalium/potassium, zat besi, dan juga kalsium. Selain itu, buah pisang banyak juga mengandung vitamin B kompleks, C, serta serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter untuk kelancaran fungsi otak.
Selain manfaat pisang yang telah disebutkan sebelumnya, buah pisang ini juga mempunyai beberapa manfaat lain sebagai berikut:

Mempunyai kandungan antioksidan tinggi
Walaupun harganya murah, buah pisang memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah dengan buah-buahan lain yang harganya lebih mahal. Salah satu kandungan yang paling tinggi yang beradapa pada pisang adalah antioksidan. Antioksidan merupakan fitokimia yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh kita serta hanya ditemukan pada tumbuhan.
Berdasarkan USDA National Nutrient Database, buah pisang mengandung beraneka macam antioksidan, diantaranya seperti lutein, selenium, beta-karoten, vitamin A, C, dan E.

Karetenoid antioksidan seperti beta-karoten, mampu membantu melindungi sel dari kanker, diabetes serta sakit jantung. Lutein yang masuk ke bagian karotenoid, memiliki fungsi sebagai sunblock alami untuk retina serta menurunkan risiko pembentukan katarak pada mata.

Selain itu, berdasarkan Canadian Hournal of Dietetic Practice and Research, selenium memiliki peran untuk mengatur fungsi imun serta mengatasi AIDS, rheumatoid arthritis, dan kanker prostat.

Vitamin C yang ada pada pisang mampu untuk mengobati penyakit infeksi saluran kencing, kudis, serta membantu absorbs zat besi pada tubuh. Penelitian yang lain menunjukan bahwa vitamin C berperan dalam pengobatan anemia,
arthritis, Alzheimer, asma, dan kanker.

National Institutes of Health juga melaporkan bahwa vitamin E pada pisang memberikan manfaat untuk jantung dimana memiliki peran untuk membesarkan pembuluh jantung serta menekan pembentukan gumpalan darah. Manfaat lain dari vitamin E yang terdapat pada pisang yakni untuk mencegah penyakit kanker, kelainan fungsi mata, jantung, dan penyakit lain yang disebabkan oleh radikal bebas.

Nah, sekarang sudah tahukan manfaat pisang, ternyata tidak hanyak bermanfaat untuk membantu pencernaan, tetapi juga bermanfaat sebagai anti oksidan. Anda juga perlu untuk mengunjungi atinaa.com untuk mendapatkan referensi kecantikan dan kesehatan terpercaya cara menghilangkan jerawat. semoga bermanfaat.

Leave a Reply