Sewa merupakan salah satu layanan pemenuhan kebutuhan manusia. Jasa sewa alat transportasi juga tersedia di masa modern ini. Jasa sewa mobil juga merebak dan terbukti mempunyai banyak peminat. Akan tetapi, sebelum menikmati pelayanan jasa tersebut, Anda harus memenuhi persyaratan yang berlaku. Adapun syarat sewa mobil yang ditetapkan sebagai prosedur transaksi sewa dan jaminan dari penyewa. Konsumen harus memenuhi setiap syarat yang diperlukan agar kebutuhannya terpenuhi. Dengan demikian, terdapat keadilan antara kedua belah pihak. Berikut ini merupakan beberapa persyaratan dalam penyewaan mobil.Klik disini.

1. Reservasi
Langkah pertama dalam penyewaan mobil adalah reservasi atau pemesanan. Tahap reservasi ini menjadi syarat pertama sewa mobil. Anda dapat melakukan pemesanan atau reservasi tersebut secara langsung ataupun melalui sistem online. Reservasi langsung dapat dilakukan saat Anda berkunjung ke kantor jasa sewa dengan mengisi formulir pemesanan dengan lengkap dan menggunakan data valid, sedangkan reservasi online dapat dilakukan melalui telepon atau website dengan memberikan keterangan sebenar-benarnya.

2. Berkas Persyaratan
Syarat sewa mobil yang kedua adalah pemenuhan berkas persyaratan yang diminta oleh pihak penyedia sewa. Kelengkapan berkas merupakan hal yang sangat penting bagi kelancaran proses penyewaan dan harus dipenuhi oleh konsumen sebagai persyaratan. Berkas persyaratan tersebut meliputi FC KTP, FC KK, dan FC PBB. Adapun syarat berkas pelengkap lainnya meliputi FC Telepon rumah/FC Rek.listrik, FC Kartu Identitas Pegawai, FC Surat Tanda Bukti Kepemilikan Rumah, FC SIM.

Apabila konsumennya adalah sebuah perusahaan, maka berkas persyaratan terdiri dari FC SIUP, TDP, NPWP, dan Surat Keterangan Domisili, FC KTP Direktur dan Manajer, FC Rekening Telepon. Berkas pelengkap lainnya adalah FC SIM sopir dan FC Kartu Identitas Pegawai.

3. Pembayaran
Transaksi pembayaran yang merupakan tahap akhir dari penyewaan, dilakukan saat penerimaan mobil sewa oleh penyewa sesuai dengan tanggal sewa yang disepakati. Pada syarat sewa mobil, ditentukan bahwa pembayaran penuh dibayarkan di muka kepada sopir yang mengantar kendaraan. Akan tetapi, apabila penyewaan dilakukan sekaligus dengan sopir, maka pembayaran awal dilakukan sebesar 50%.

Leave a Reply