Bagi Anda para pengguna smartphone dengan sistem operasi andoird. Tentu saja judul artikel di atas mungkin bukan menjadi hal yang aneh lagi. Karena kemungkinan semua pengguna smartphone andorid telah mengalami hal tersebut yaitu tentang masalah hilangnya sinyal pada ponsel. Entah sinyal wifi atau pun sinyal dari operator yang kita gunakan. Belum diketahui pasti tentang penyebab dari hilangnya sinyal ketika menggunakan aplikasi facebook tersebut. Namun dalam artikel ini akan kita bahas tentang beberapa trik atau tips cara ampuh mengenmbalikan sinyal operator dan wifi yang hilang dari hp android kamu. Sehingga sumber permasalahan pun bukan menjadi hal penting lagi apabila Anda telah mengetahui cara untuk membenahinya.

Salah satu cara ampuh untuk membenahi sinyal yang hilang yakni dengan menggunakan salah satu aplikasi yang dapat didownload di playstore atau di internet. Nama aplikasi tersebut yakni OpenSignal. Langkah pertama yakni dengan mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu pada smartphone Anda. Aplikasi ini memiliki fitur untuk mendekteksi sumber sinyal terdekat dengan posisi kita berada. Contoh seperti sinyal wifi dan tower terdekat dari operator selular yang kita gunakan. Dengan begitu Anda dapat bergerak atau berpindah tempat sesuatu arahan aplikasi tersebut yang menunjukkan letak sumber sinyal terdekat yang dapat dijangkau.

Tidak hanya menggunakan aplikasi pencari sinyal android OpenSignal, namun juga terdapat beberapa trik atau tips cara ampuh mengembalikan sinyal operator dan wifi yang hilang dari hp android kamu yang kami sajikan dalam ulasan yang kami sajikan dan dapat Anda simak di bawah ini.

  • Restart Ponsel

Salah satu hal yang paling wajib Anda lakukan sebelum mencoba hal lain yakni dengan melakukan reboot pada ponsel tersebut. Sehingga semua komponen dalam ponsel akan di muat atau dinyalakan ulang. Sehingga smartphone yang tidak dapat menangkap sinyal wifi atau sinyal operator mungkin dapat mendeteksi sinyal tersebut setelah melakukan restart ponsel.

  • Pengaturan Sinyal Manual

Apabila restart ponsel sudah Anda terapkan, naun sinyal tetap tidak muncul yakni dengan melakukan pengaturan pemilihan sinyal secara manual. Buka menu setting pada smartphone Anda kemudian cari pada bagian mobile network atau network mode. Contoh misal Anda sedang menggunakan sinyal 4G, maka rubahlah sinyal tersebut menjadi 3G / HSDPA atau sinyal 2G / EDGE. Karena kemungkinan pada lokasi Anda berada sinyal 4G atau 3G tidak ditemukan sehingga mengharuskan kita untuk menggunakan sinyal 2G / EDGE.

  • Mengganti Operator Selular

Nah ini merupakan salah satu cara apabila kesalahan terdapat pada jaringan operator yang kita gunakan. Seingga sinyal operator selular untuk melakukan telefon atau sms pun tidak tampil. Atau operator selular yang kita gunakan tidak memiliki kekuatan sinyal yang dapat menjangkau lokasi tempat kita berada. Cara satu-satunya untuk menangani hal ini yakni dengan mengganti dengan operator selular baru yang memiliki kekuatan sinyal yang cukup digunakan untuk berkomunikasi pada lokasi tersebut. Untuk informasi operator dengan kekuatan sinyal yang kuat dapat Anda dapat kan melalui masyarakat sekitar atau dari penjual kartu sim card.

Perlu Anda ketahui apabila beberapa cara terbaru ampuh mengembalikan sinyal operator dan wifi yang hilang dari hp android di atas sudah Anda lakukan namun sinyal tetap tidak muncul, kami menyarankan untuk membawa ponsel tersebut ke service center atau menggaransikannya apabila masih terdapat garansi pada smartphone milik Anda tersebut. Karena kemungkinan terjadi kerusakan terhadap antena penerima sinyal di dalam ponsel juga mungkin saja terjadi. Semoga bermanfaat terima kasih.

Leave a Reply