Semua orang tua sepertinya ingin selalu si kecil tumbuh dengan kecerdasan otaknya yang terbaik. Anak-anak adalah masa dimana perkembangan otaknya berjalan dengan mengagumkan. Mengingat bahwa kecerdasan otak si kecil yang optimal perlulah untuk diasah, maka disinilah peran orang tua haruslah besar untuk mengasah otak anak.

 

Nah, kalau kita berbicara tentang cara mengasah otak, tentunya lewat berbagai kegiatan yang bisa membantu untuk mengoptimalkan kecerdasan otak anak. Memang benar, untuk mengasah otak anak dapat dilakukan dari berbagai kegiatan seperti kegiatan bermain sampai dengan belajar.

 

Akan tetapi, ibu jangan sampai melupakan aspek yang sangat penting dalam mendukung kecerdasan otak si kecil ? Apa itu ? Asupan nutrisinya setiap hari.

Mengasah Otak Anak Juga Harus Dibarengi dengan Konsumsi Makanan Bergizi

Jika si kecil menerima asupan nutrisi terbaik lewat makanan terbaik bergizi seimbang dan juga kelengkapan makanan yang dapat meningkatkan fungsi kerja otak, maka pastinya stimulasi yang diberikan untuk mengasah otak anak lewat berbagai kegiatan juga akan terdukung dengan baik.

 

Terdapat beberapa jenis makanan yang memang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kerja otak. Sehingga makanan-makanan tersebut ini jangan dilupakan untuk disajikan pada si kecil, disamping mengasah otak anak lewat berbagai kegiatan. Berikut ini beberapa makanan bergizi yang bermanfaat untuk membantu optimalnya perkembangan kecerdasan otak anak :

 

  1. Ikan

Ikan adalah sumber lemak yang baik. Contohnya ikan salmon, ikan yang satu ini kaya akan omega 3, dimana omega 3 sendiri bermanfaat besar untuk membantu optimalnya fungsi otak. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa si kecil yang rajin makan ikan sumber omega 3 dalam jumlah yang cukup mempunyai pikiran yang lebih tajam dibandingkan mereka anak-anak yang jarang mengkonsumsinya.

 

  1. Daging Rendah Lemak

Daging sapi rendah lemak kaya akan zat besi yang dapat membantu anak menerima asupan energi yang cukup serta berkonsentrasi dengan lebih baik. Tak hanya itu saja, daging sapi pun merupakan sumber zinc yang bisa membantu anak dalam memelihara daya ingatnya.

 

  1. Kacang Hijau

Kacang hijau adalah pilihan konsumsi sehat untuk kecerdasan otak anak yang berikutnya bisa dipilih untuk disajikan pada si kecil, disamping kegiatan untuk mengasah otak si kecil. Kacang hijau adalah sumber protein, karbohidrat, asam folat, zat besi, pottasium sampai dengan zinc yang kesemuanya bermanfaat penting untuk membantu mengoptimalkan kecerdasan otaknya.

 

  1. Telur

Telur kaya akan protein dan juga kolin, dimana kandungan zat gizi tersebut pun bisa memberikan damnpak yang positif terhadap perkembangan otak si kecil. Protein sendiri juga bermanfaat untuk memberikan asupan energi pada si kecil.

 

  1. Sayuran Warna

Sayuran warna mulai dari wortel, bayam, brokoli dan lain sebagainya adalah sumber antioksidan yang baik, yang mana perannya sendiri salah satunya dalah untuk menjaga kesehatan membran sel otak. Dengan begitu, fungsi nutrisi otak juga bisa terjaga dengan baik.

 

  1. Susu

Lengkapi konsumsi sehat si kecil dengan susu pertumbuhan Wyeth Nutritition yang telah diperkaya dengan aneka zat gizi terbaik untuk mendukung tumbuh kembang anak. Termasuk juga perkembangan kecerdasan otaknya.

Leave a Reply