Tahapan ke perkembangan kemampuan untuk membaca, menulis dan juga berhitung bukanlah keterampilan yang bisa begitu saja mudah dikuasai oleh anak. Terdapat berbagai macam keterampilan cara mengajari anak membaca untuk pendahuluan yang harus dimiliki oleh anak untuk pada akhirnya dapat membaca, menulis dan juga berhitung. Melihat gambar merupakan bentuk membaca yang paling sederhana.

Mengajarkan Anak Membaca, Menulis dan Berhitung secara Cepat

Anak yang masih berusia 3 sampai 5 tahun tentunya diharapkan sudah mempunyai ketertarikan untuk dapat membaca gambar, simbol dan juga logo yang berada disekitarnya. Oleh karena itu salah satunya anak harus membutuhkan eksposur yang sangat tinggi pada buku bergambar.

Ketika anak sudah memasuki usia 4 sampai 6 tahun tentunya anak diharapkan sudah mampu membaca gambar, Simbol dan juga logo.

Misalnya anak melihat gambar Kolonel Anderson maka ia akan membacanya Kentucky ataupun melihat logo Carefour yang sudah dapat mengenalinya. Membaca dengan pola yang diharapkan mulai dikuasai oleh balita pada usia 5 sampai 7 tahun.

Selain dapat mengenali bentuk dan juga pola, anak juga harus dapat memegang buku dengan sangat baik dan harus mampu mengembalikan dari kiri ke kanan.

Keterampilan seperti ini sangatlah berhubungan sekali dengan perkembangan keterampilan motorik pada anak dengan cara mengajari anak membaca dan menulis haruslah tepat dan tidak boleh asal-asalan. Sebelum anak dapat memegang pensil dengan baik, anak perlu belajar untuk memegang benda dengan telunjuk dan juga ibu jari. Anak perlu sekali mengetahui bahwa tulisan itu mempunyai arti.

Kembali lagi dapat dikembangkan dengan cara memperlihatkan berbagai macam buku. Anak perlu untuk dapat memahami konsep berhitung, bahwa satu untuk 1 benda.

Jadi sebelum kita mengajarkan anak menghitung satu dua tiga, maka kita harus mengajarkan anak untuk bisa membagikan suatu benda untuk satu orang ataupun satu benda ke dalam sebuah lubang.

Pada akhirnya semua anak tentu akan dapat membaca dan juga menulis, hanya waktunya saja yang mungkin akan berbeda-beda dikarenakan perkembangan setiap anak itu tentunya berbeda.

Ada yang dapat membaca pada usia 4 tahun ataupun baru berusia 5 tahun. Jadi kita jangan khawatir ketika anak kita berbeda dengan anak yang lainnya yang memang telah menguasai keterampilan tertentu sementara anak kita belum.

Maka dari itu kita harus mengetahui cara mengajari anak belajar membaca dan menulis supaya anak bisa cepat membaca dan menulis.

Leave a Reply