Kebutuhan akan telur ayam yang cukup banyak, menjadikan telur dapat menjadi salah satu bisnis atau sumber pendapatan. Bisnis telur ayam cukup mudah dan bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar. Bagi Anda yang sedang bingung ingin merintis sebuah bisnis, ada beberapa informasi tentang pilihan bisnis ayam petelur yang bisa dijadikan referensi.

1. Produsen

Maksud dari produsen disini adalah ternak ayam telur. Memelihara ayam sendiri hingga bertelur yang kemudian dijual ke supplier atau langsung ke konsumen. Bisnis dengan menjadi produsen yang paling dibutuhkan adalah pengetahuan seputar ayam, baik cara pemeliharaan ayam hingga kandangnya. Bagi Anda yang ingin menjadi produsen sebaiknya memiliki lahan yang cukup, dan jaraknya tidak akan mengganggu kenyamanan orang lain mengingat ayam yang banyak dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Bisnis seperti ini akan memerlukan modal yang cukup banyak dibandingkan supplier atau penjual eceran. Anda harus memiliki modal untuk membeli bibit, pakan, dan juga vaksin untuk melindungi ayam dari virus

2. Suplier

Bisnis telur ayam juga bisa dengan menjadi supplier atau pemasok dari peternak ke penjual eceran. Menjadi seorang pemasok sangat membutuhkan relasi yang banyak, baik dengan peternak atau penjual. Jika Anda tidak cukup banyak modal sebaiknya bernegosiasi dengan peternak agar pembayaran dilakukan setelah pengiriman selesai. Selain jumlah relasi yang banyak, seorang pemasok membutuhkan alat transportasi untuk dapat mengirim telur dengan aman hingga ke penjual. Pengetahuan akan pemasaran dan waktu pengiriman sangat diperlukan bagi seorang pemasok.

3. Penjual

Penjual telur ayam kebanyakan adalah untuk pedagang kecil-kecilan yang menjual telur secara eceran. Pelajari peluang konsumen dan daya beli agar telur bisa terjual dengan cepat. Hal yang penting untuk diperhatikan adalah cara penyimpanan agar telur tetap terjaga kualitasnya hingga terjual ke konsumen.

Itulah beberapa informasi mengenai pilihan bisnis telur ayam yang bisa dicoba. Awali dengan niat yang tekad, bagi Anda yang benar-benar berniat berbisnis telur carilah informasi sebanyak mungkin. Jika bisa pelajari dari pebisnis lain yang sudah berpengalaman. Jangan lupa juga untuk memperhatikan peluang di sekitar tempat Anda.

Leave a Reply