Manfaat Olahraga Renang Untuk Kesehatan Tubuh

Olah raga memang banyak sekali jenisnya, salah satu yang biasa kita temukan yaitu olah raga renang. Seperti yang kita tahu bahwa olahraga ini membutuhkan air dan kolam yang tentunya sesuai dengan ukuran semestinya yang pas dan tidak berbahaya. Renang biasanya di klaim sebagai olah raga yang bisa meninggikan badan, hal itu tidak ada salahnya. Namun masih banyak lagi sebenarnya mengenai manfaat olahraga renang yang lainnya.

Manfaat olahraga renang ini sangat bagus efeknya pada tubuh Anda. Nah apa saja? berikut ini beberapa manfaatnya:

1. Membentuk dan menguatkan otot

Untuk Anda yang ingin membentuk otot, berenang di air ini sangat tepat sekali untuk Anda. Hal ini dikarenakan air 12 kali lebih padat jika di bandingkan dengan udara.  Maka dari itu dengan berenang, maka Anda bisa melakukan latihan kardio serta dapat membentuk otot di saat bersamaan. Dengan berenang maka Anda juga akan mendapatkan efek yang sama seperti mengangkat beban yang ada di tempat fitnes.

2. Bisa menurunkan kadar kolesterol jahat

Dengan Anda melakukan renang maka ini akan dapat menjaga keseimbangan kolesterol baik dan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Olahraga ini tentunya bisa  meningkatkan kolesterol baik, dan kemudian bisa juga menurunkan tingkat kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

Manfaat Olahraga Renang Untuk Kesehatan Tubuh

3. Relaksasi

Kalau Anda merasa jenuh atau merasakan stres dengan adanya rutinitas Anda tersebut, maka Anda bisa mencoba langsung untuk berenang di kolam serta bisa menikmati waktu santai Anda untuk bisa menyegarkan tubuh serta pikiran Anda. Ketenangan air ini memang cukup bagus untuk kesehatan serta mental Anda terlebih  ketika Anda akan mulai untuk menggerakan tubuh Anda untuk melepaskan tegangan otot atau sendi, ini akan menjadikan badan merasa lebih fit dan segar bugar kembali. Dalam hal ini Anda usahakan untuk berenang di kolam yang tidak terlalu ramai supaya  relaksasi yang Anda lakukan bisa berjalan dengan sempurna.

Manfaat olahraga renang yang lainnya tentunya masih banyak. Di atas yang saya sebutkan itu hanyalah sebagian saja.

Leave a Reply