Apakan anda mulai bosan dengan kegiatan liburan yang biasa biasa saja? Apakah anda ingin mencari kegiatan liburan yang menantang? Jika anda ingin menghabiskan liburan anda dengan sesuatu yang berbeda dan penuh tantangan anda bisa mencoba wisata Goa. Wisata Goa yang layak anda coba adalah wisata Goa di daerah Yogyakarta, Jawa tengah. Salah satu wisata Goa yang terkenal di daerah Jawa Tengah adalah Goa Pindul. Goa merupakan objek wisata yang banyak dikunjungi orang dari berbagai daerah di Indonesia. Lokasi Goa Pindul terletak tepatnya di daerah Desa Bejiharjo, Kec. Karangmojo, kab. Gunung Kidul. Daerah wisata Goa Pindul sudah diresmikan pada tanggal 10 Oktober 2010. Sejak diresmikan, objek wisata ini banyak dikunjungi orang karena menawarkan pengalaman yang berbeda dari objek wisata lainnya pada umumnya.goa-pindul-gunungkidul
Jenis wisata yang paling banyak dilakukan banyak orang di tempat ini adalah cave tubing. Hal ini dilakuakan dengan cara menyusuri daerah Goa melalui aliran sungai yang terletak di bawah Goa dengan. Alat yang dipakai cukup sederhana. Kita hanya menggunakan ban pelampung yang kita naiki dari epan mulut Goa samapai pintu keluar Goa. Kenapa hanya menggunakan ban pelampung, karena di dalam Goa Pindul terdapat daerah sempit yang tidak bisa dilewati kecuali hanya dengan menggunakan ban, itupun hanya dilewati satu ban. Dengan demikian para pengunjung akan antri bergantian untuk melewati daerah sempit tersebut. Goa Pindul memiliki panjang sekitar 350 meter dan lebarnya sekitar lima meter. Sedangkan jarak antara atap dan permukaan air sekitar empat meter. Anda dapat menelusuri Goa Pindul selama sekitar satu jam. Aliran air sungai yang mengalir di dalam Goa bersumber dari mata air Gedong Tujuh. Aliran sungai ingin akan berakhir di bendungan.
Wisata Goa ini tidak hanya memberikan anda kesempatan untuk bersenang- senang, tapi juga akan memberikan berbagai macam manfaat buat kesehatan fikiran dan tubuh anda. Kegiatan cave tubing akan memompa adrenalin anda karena anda ditantang untuk menyusuri Goa dengan hanya menggunakan ban seorang diri. Kegiatan ini akan membuat ada lupa akan berbagai masalah kehidupan. Selain itu, wisata Goa Pindul akan membuat tubuh anda lebih sehat karena anda akan menghirup udara yang segar dan memaksa anda untuk menggerakan badan sebanyak mungkin. Tidak seperti liburan – liburan lainnya yang biasa anda lakukan, pengalaman ini akan menjadi sesuatu yang tidak akan anda lupakan karena akan begitu berkesan. Pengalaman ini juga akan membuat anda lebih sadar terhadap lingkungan dan bersahabat dengan lingkungan. Jadi, tunggu apalagi, anda bisa mengajak kawan dan keluarga anda untuk mencoba wisata alam ini. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Leave a Reply