Katakan.net – Pernah dengar kata Pramusiwi? Pranala? Gawai? Kata-kata tersebut adalah kata-kata baru di Bahasa Indonesia, yang muncul bersamaan dengan era teknologi saat ini. Kata-kata tersebut digunakan untuk menggantikan kebiasaan kita menggunakan Bahasa Inggris.

Kata seperti ” Ambil ” yang menukar Unduh, ” Unggah ” yang menukar Unggah, ” Taruh ” yang menukar Save, serta ” Potong ” yang menukar Cut, seringkali kita pakai dalam pemakaian tehnologi.

Nyatanya masih tetap terdapat banyak kata yang sangat baru serta unik bermunculan dalam KBBI. Tersebut penulis paparkan sebagian kata baru yang masih tetap demikian tidak sering dipakai.

– Gawai

Gawai yaitu kata yang dipakai untuk menukar kata Gadget. Janganlah terperanjat, karna gawai juga mempunyai makna jadi perkakas atau alat.

Hp, laptop, tab, computer dsb otomatis juga berbentuk alat atau perkakas. Kata Gadget, atau seringkali dieja gejed, telah sangat punya kebiasaan disampaikan oleh orang-orang Indonesia. Sekarang ini, media cetak serta daring nasional telah mulai memakai kata Gawai untuk menukar Gadget.

– Pramusiwi

Masih tetap punya kebiasaan mengatakan kata babysitter untuk penjaga serta pengasuh bayi? Tenang. Dalam Bhs Indonesia, babysitter bermakna Pramusiwi. Lakukan, yah.

– Tetikus

Ehm, silahkan tujukan cursor tetikus Anda ke pojok kiri website ini. Kalian tahu apa makna tetikus, kan?

– Warganet

Warganet keluar untuk menukar kata Netizen. Terlebih dulu, kata Netizen juga keluar jadi plesetan dari kata Citizen di internet. Jadi, bersiap membangun RW (Rukun Warganet) di group Facebook Anda.

– Pranala

Kata Pranala keluar untuk menukar kata Hyperlink atau Link, yang telah punya kebiasaan dimaksud dalam bhs IT.

– Daring serta Luring

Daring keluar untuk menukar on-line. Daring juga akronim dari dalam jaringan. Sedang Luring yaitu akronim dari luar jaringan keluar untuk menukar kata off line.

– Swafoto

Swafoto bermakna photo sendiri, atau ambil photo dengan usaha sendiri. Kata ini keluar untuk menukar kata selfie.

– Peladen

Serupa profesi seorang yang bertugas untuk meladeni. Namun, kenyataannya kata peladen keluar untuk menukar kata server.

– Komedi Tunggal

Frase ini keluar untuk menukar frase stand up comedy yang sesungguhnya bila dialihbahasakan jadi komedi berdiri.

– Saltik

Seperti daring serta luring, kata Saltik juga adalah akronim, yang bermakna Salah Tulis. Segera tahu kan, kata ini untuk menukar kata apa?

Leave a Reply