Pada saat membuat sepucuk surat, mungkin sebagian kita terbiasa melipat surat dengan berbagai macam gaya, seringnya kita melipat berbagai surat tersebut sekenanya saja mengikuti jenis amplop dan menurut selera si pembuat surat.

Walau sebenarnya lipatan-lipatan surat juga mempunyai nama, mungkin saja juga lipatan surat yang juga akan kita ulas telah sempat anda lakukan tetapi belum juga tahu namanya. Maklum saja, hal begini cuma dipelajari pada Jurusan Adm. Perkantoran di SMK.

Untuk siswa/i SMK AP lipatan surat ini sangatlah wajar dipelajari, tetapi begitu juga seperti mata pisau yang telah tumpul bila diasah jadi juga akan tajam kembali, berikut sangkanya maksud tulisan ini, untuk mengingatkan kembali kalau lipatan surat sesungguhnya mempunyai nama panggilan.

Tersebut disini Beberapa jenis Lipatan Surat yang telah wajar di tekuni.

1. Lipatan Tunggal
Lipatan ini mempunyai nama beda lipatan manunggal, atau single fold dalam bhs inggris. Lipatan ini cukup membagi kertas jadi dua lantas melipatnya. Sangkanya lipatan ini lebih pas untuk dimasukan dalam amplop memiliki ukuran besar.

Baca Juga : Contoh Penulisan Amplop

2. Lipatan Ganda Sejajar
Lipatan ganda pararel, atau pararel double fold yaitu nama beda dari type lipatan ini, lipatan ini seringkali kita pakai dalam pembuatan surat menyurat kita keseharian. Lipatan surat ini dikerjakan dengan membagi surat jadi dua sisi (seperti pada lipatan tunggal) lalu dilipat sekali lagi jadi dua dengan bagian yang sama.

3. Lipatan Baku
Dalam bhs inggris umum dimaksud standar fold, lipatan ini membagi kertas jadi tiga sisi, lalu sisi bawah kertas dilipat ke atas, tengah sisi atas dilipat ke bawah.

4. Lipatan Akordion
Bila sempat lihat alat musik akordion, tentunya kalian juga akan segera tahu bentuk lipatan surat ini. Dengan nama beda accordion fold, sesungguhnya lipatan ini seperti lipatan ganda sejajar namun sisi atas lipatannya di balik ke belakang.

5. Lipatan Akordion Rendah
Nama beda type lipatan ini yaitu lipatan 1/2 akordion, atau semi accordion fold. Type lipatan ini, seperti kakak kandungnya di atas, yang membedakannya yaitu, satu diantara hujung suratnya (umumnya di bagian bawah) lebih pendek dari yang lain.

6. Lipatan Baku Rendah
Semi standar fold, atau lipatan 1/2 baku, adalah adik dari type lipatan baku, sebagai pembeda dari lipatan baku yaitu, satu diantara sisinya (umumnya sisi bawah) lebih pendek dari yang lain.

7. Lipatan Jenis Baron
Baronial Fold, dalam bhs inggris. Type lipatan ini diawalai dengan lipatan tunggal, lantas ke-2 bagian samping surat dilipat sekali lagi kedalam.

8. Lipatan Jenis Prancis
French Fold dalam bhs inggris. Lipatan ini mengacu pada negara pusat jenis dunia, langkah melipatnya demulai dengan lipatan tunggal lalu dilipat dua sekali lagi ke samping.

Leave a Reply