Segala sesuatu hal mengenai masalah jerawat dan komedo memang terkadang membuat rasa khawatir, gelisah, dan ada berbagai dampak biologis yang disebabkan karna kemunculan jerawat dan komedo. Adanya komedo pada kulit terutama pada kulit wajah, memang bisa menurunkan rasa kepercayaan diri seseorang.

Komedo bisa dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu komedo hitam dan komedo putih. Walaupun berbeda tetapi secara umum penyebab dari kedua jenis komedo ini tetaplah sama, yaitu disebabkan karna adanya penyumbatan pada pori-pori dan faktor lainnya.

Selain diobati dengan menggunakan krim penghilang komedo, masalah inipun harus dicegah supaya tidak muncul kembali dikemudian hari.

Penyebab Munculnya Komedo Pada Wajah

  • Minyak Berlebih, salah satu penyebab utama munculnya komedo pada wajah ialah karna minyak yang berlebih. Minyak berlebih yang diproduksi oleh kulit tentu akan sangat memiliki potensi menyumbat pori-pori kulit, sehingga tidak mengherankan jika komedo muncul kembali.
  • Perubahan Hormon, masalah ini biasanya terjadi saat mulai mengalami fase pubertas, fase menstruasi, dan masalah stress yang berkepanjangan. Hal ini dapat menjadi pemicu munculnya minyak berlebih pada kelenjar sebasea dan kulit akan menjadi lebih berminyak serta terjadinya penyumbatan pada pori-pori, hasilnya komedo yang disebabkan karna faktor hormon pun akan muncul.
  • Bakteri, banyaknya bakteri yang menempel pada wajah dan tidak dibersihkan memang akan menyebabkan munculnya masalah seperti komedo dan jerawat. Salah satu bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat ialah Propanobacterium acnes, mengapa bakteri bisa menjadi penyebabnya? Karna bakteri bisa meningkatkan resiko tersumbatnya pori-pori, jika tidak segera dibersihkan maka bakteri akan melakukan peradangan yang menyebabkan jerawat meradang dan munculnya jerawat batu.
  • Sel kulit mati yang menumpuk, sel kulit mati yang menumpuk juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya komedo pada wajah. Hal ini biasanya disebabkan karna terjadinya iritasi pada folikel rambut sehingga perontokan sel kulit mati menjadi terlambat, oleh sebab itu diperlukan cara untuk mengangkat sel kulit mati supaya pori-pori kulit wajah tidak tersumbat.

Cara Mengatasi Masalah Komedo

Setelah mengetahui beberapa hal tentang komedo, tahap selanjutnya ialah mengetahui bagaimana caranya mengatasi masalah komedo jika seandainya komedo sudah terlanjur ada diwajah.

  • Menggunakan Bahan Alami

Menghilangkan komedo dengan bahan alami adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan, bahan seperti putih telur dan madu akan sangat membantu dalam mengatasi masalah komedo.

  • Menggunakan Perawatan Kecantikan

Menggunakan obat penghilang komedo paling ampuh seperti produk yang mengandung asam salisilat, resorcinol, dan triclosan yang terdapat didalam cream anti komedo Pratista bisa dimanfaatkan untuk membantu mengatasi masalah komedo membandel diwajah.

Pada intinya permasalah komedo bisa diatasi dan dihindari, jika saja kamu melakukan step-step perawatan dengan baik dan benar.

Leave a Reply