Akhirnya hari untuk pembersihan datang juga. Pembersihan adalah direkomendasikan saat RO menunjukkan bukti pengotoran, sesaat sebelum jangka panjang shutdown, atau sebagai masalah jadwal perawatan rutin. Karakteristik pengotoran Sinyal yang perlu Anda bersihkan adalah penurunan permeate normalisasi 10-15%, atau 10-15% penurunan kualitas permeate yang dinormalisasi, atau peningkatan 10-15% penurunan tekanan yang dinormalisasi yang diukur antara umpan dan header konsentrat.

Frekuensi pembersihan RO karena pengotoran akan bervariasi menurut situs. Aturan kasar tentang frekuensi pembersihan yang dapat Anda lakukan  bisa setiap 3 sampai 12 bulan. Bahkan jika perlu anda harus bersihkan setiap sebulan sekali,. Dan Anda juga harus memperhatikan pengeluaran modal lebih lanjut untuk memperbaiki pertreatment RO atau desain ulang operasi RO Anda.

Dalam artikel sebelumnya sudah membahas tentang cara mengenali mesin RO membrane yang bermasalah, pada kali ini bahasan akan berlanjut kepada bagaimana cara mencuci RO membrane Anda. Terdapat hal-hal yang perlu Anda [erhatikan pada saat pencucian membrane:

  1. Gunakan cairan pencuci membrane yang tepat, karena pemakaian kimia yang tidak tepat, akan membuat membrane ro menjadi rapuh dan mudah rusak, sehingga partikel akan sulit tersaring.
  2. Pada saat tekanan yang diberikan kepada membrane harus dijaga, agar kerusakan tidak terjadi.
  3. Disaat proses pencucian harus dilakukan secara teratur untuk mencegah terjadi pengerakan yang terlalu bandel.
  4. Anda harus identifikasi jenis penyebab fouling harus dilakukan untuk memastikan pemilihan chemical yang tepat dalam proses pencucian membrane
  5. Anda harus identifikasi jenis penyebab fouling harus dilakukan untuk memastikan pemiliham chemical yang tepat dalam proses pencucian membran. Diatas adalah hal-hal yang perlu anda perhatikan pada saat anda mencuci RO membrane Anda, dan berikut adalah cara untuk mencuci:

Cara mencuci Membran RO dengan Sistem Terbuka

Anda dapat melakukan pembersihan atau pencucian membrane RO ini dengan  membrane direndam menggunakan TAL-3610 dan air dalam suatu wadah dimana semua dapat tercelup hingga beberapa jam lamanya. Kemudian lakukanlah sirkulasi dengan pompa. Dan setelah itu Anda bisa membilas membrane ro tersebut dengan air.

Cara mencuci Membran RO dengan sistem tertutup

Cara ini sama hal nya dengan cara pembersiham menggunakan sistem terbuka atas, tetapi perbedaanya adalah pada membrane RO terebut dilakukan pencucian dalam satu housing, dengan cara ini cocok untuk membrane dengan tipe yang besar yakni diatas 2000 GPD.

Tentunya setelah membaca tulisan diatas, bagi Anda yang terkendala dengan RO membrane Anda, dan membutuhkan RO membrane baru, silahkan kunjungi official website www.hydromart.co.id Anda bisa menemukan RO membrane dan filter air sesuai dengan keinginan Anda.

Leave a Reply