gunung-rinjani

Gunung Rinjani ada di Lombok Utara, gunung yang disebut mimilki puncak tertinggi di Lombok, NTB dan paling tinggi Nomer 2 di Indonesia. Mempunyai ketinggian 3. 726 mdpl (mtr. dari permukaan laut). Gunung Rinjani dipercayai sekali oleh masyarakat lombok sebagai tempat bersemayamnya Ratu jin yang kerap di sebut dengan Dewi Anjani, Putri dari raja Datu Tuan serta permaisurinya Dewi Mas. Gunung Rinjani adalah satu obyek wisata favorite di Pulau Lombok. Gunung itu memilikisangat banyak pemandangan serta mempunyai potensi geowisata yang menawan serta indah sekali, istana yang sesuai untuk Dewi Anjani. Daya tarik Gunung adalah pemandangan danau Segara Anak, panorama di puncak, pemandian mata air panas, air terjunnya, goa-goa yang unik, lubang letusan serta aliran lava baru, dan kawah.

Obyek wisata Lombok yang Eksotis

Hal yang paling menakjubkan yang bisa didapati di Gunung itu adalah Danau Segare Anak yang terbentuk dengan cara alami yang diakibat letusan dari Gunung Rinjani. Pendududk setempat menyebutnya Segara Laut lantaran warna air di danau itu biru laut. Danau Segara Anak terdapat pada ketinggian 2. 800 mdpl. Ada berbagai type ikan di sana seperti ikan mas, harper serta mujair. Wagra setempat meyakini kalau Danau Segara Anak memiliki keajaiban yang bisa mengobati semua penyakit. Danau Segara Anak dimasa lampaudigunakan sebagai tempat pemujaan untuk memperoleh benda-benda gaib. Di dekat danau itu, ada gunung kecil yang bernama Gunung Baru. Hampir tidak ada orang yang dapat mendaki ke puncak Gunung Baru itu, kemungkinan dikarenakan Gunung baru aktif serta keluarkan gas beracun.

Pesona Flora serta Fauna Gunung Rinjani

Tidak hanya mempunyai panorama yang indah, Gunung itu juga kaya beragam type flora dan faunanya. Pada kawasan selatan selatan serta barat di ketinggian 1000 hingga 2000 m ditumbuhi banyak Dysoxylum sp, serta pterospermum, dan Ficus superba. Pada ketinggian 2000 hingga 3000 m tumbuh banyak Casuarina junghuhniana. Namun di ketinggian 3000 mtr. tidak sering didapati tumbuhan, hanya bisa tumbuh rumput serta bunga edelweiss serta samping timur sangat banyak tumbuh pohon akasia. Di rinjani juga terdaftar 109 type burung, Sebagian salah satunya adalah type burung yang datang dari Australia, monyet perak dari Bali, serta rusa dan landak. Di Pelawangan Sembalun, Lombok sisi Timur ada monyet ekor panjang yang suka mengganggu kemah pendaki gunung. Monyet-monyet itu pandai sekali buka tenda untuk mengambil makanan dan populer begitu garang serta berani.

Keindahan tersebut sebagai magnet yang bisa menarik beberapa wisatawan mancanegara maupun domestik untuk mendaki dan menaklukan gunung yang memiliki ketinggian nyaris 4 km itersebut. Beberapa pengunjung yang mendaki gunung itu adalah wisatawan yang mempunyai kemauan dan tekad khusus serta gemar pada tantangan. Dibalik sejuta keindahan yang dimiliki gunung Rinjani, sesungguhnya Gunung api itu adalah satu dari enam gunung berapi di Indonesia yang masihlah aktif serta beresiko untuk di naiki. Karenanya tidak terlalu berlebih apabila Rinjani di sebut gunung ” maut “. Hingga saat ini gunung yang disebut-sebut menaruh banyak misteri, sudah mengonsumsi banyak korban jiwa. Cuaca jelek yang datang dengan mendadak kadang-kadang bikin beberapa pendaki tersesat serta pada akhirnya diketemukan tewas.

Tetapi, bila Anda termasuk juga orang yang suka pada pendakian serta tantangan, tidak ada kelirunya bila berwisata dan menguji nyali disana.

Leave a Reply