Apakah anda pernah mendengar tentang sebuah alat alat bernama autoclave? Bagi anda para pekerja medis di rumah sakit atau laboratorium pasti sudah sangat akrab dengan alat yang satu ini. Namun untuk yang bekerja dibidang lain mungkin ada yang belum tahu tentang alat autoclave ini.

Autoclave adalah sebuah alat pemanas yang berfungsi untuk mensterilkan suatu benda atau alat dengan menggunakan uap bertekanan dan bersuhu tinggi sekitar 121 derajat celsius selama kurang lebih 15 menit. Suhu tinggi inilah yang berfungsi untuk membunuh mikroorganisme terutama endospora.

Yang merupakan sel resisten yang dihasilkan oleh bakteri dan bisa bertahan dari kekeringan, pemanasan dan antibiotik. Endospora ini baru bisa dibunuh dengan suhu minimal 100 derajat celcius. Autoclave biasanya paling banyak digunakan di rumah sakit dan laboratorium untuk mensterilisasi alat-alat kesehatan atau laboratorium yang telah dipakai.

Alat autoclave kini sudah banyak tersedia dipasaran, terutama di berbagai toko alat kesehatan yang khusus jual autoclave. Harga alat sterilisasi alat kesehatan ini pun cukup beragam, dari yang paling murah sampai paling mahal, semua itu tergantung dari jenis dan kapasitas yang ditawarkan.

Berdasarkan cara penghilangan udara saat proses sterilisasi, alat autoclave terbagi menjadi tiga jenis yaitu Gravity Displacement Autoclave, Prevacuum atau High Vacuum Autoclave dan Steam-Flush Pressure-Pulse Autoclave.

  1. Gravity Displacement Autoclave

Alat autoclave jenis paling standar ini bisa bekerja dengan cangkupan suhu 121 hingga 134 derajat celsius dan waktu yang dibutuhkan sekitar 10 hingga 30 menit. Pemindahan udara pada gravity displacement autoclave didasarkan pada gravitasi.

Prinsip dasarnya adalah menggunakan perbedaan massa jenis antara uap dan udara, dimana uap yang mengandung gas H20 sedangkan udara mengandung material seperti CO2, H2O dan material-material lainnya. Cara kerjanya adalah dengan memasukan uap lewat bagian atas autoclave, yang nantinya akan menekan udara ke bagian dasar dan keluar melalui saluran yang ada dibagian bawah. Hal ini akan menyebabkan suhu menjadi meningkat dan terjadilah proses sterilisasi.

  1. Prevacuum atau High Vacuum Autoclave

Pada autoclave jenis ini terdapat sebuah pompa yang difungsikan untuk mengeluarkan udara dari dalam autoclave. Proses ini berlangsung kurang lebih selama 8-10 menit dan bertujuan untuk memvakumkan autoclave, ketika kondisi sudah vakum barulah uap mulai diinfiltrasi ke dalamnya. Pada proses ini nantinya uap akan bersentuhan langsung dengan alat-alat yang akan disterilkan kemudian menyebabkan peningkatan suhu dan terjadilah proses sterilisasi. Berbeda dengan jenis autoclave pada umumnya, auto jenis ini akan bisa bekerja pada suhu 132 sampai 135 derajat celcius dalam kurun waktu 3-4 menit.

  1. Steam-Flush Pressure-Pulse Autoclave

Prinsip kerja dari autoclave jenis ini adalah menggunakan uap  dan tekanan diatas tekanan atmosfer dalam suatu rangkaian yang berulang. Lama tidaknya proses sterilisasi dengan autoclave jenis ini adalah tergantung dari jenis benda yang disterilkan.

Leave a Reply