cara backup dataPenggunaan android saat ini bukan lagi barang langka bagi setiap orang, terlebih lagi android menjadi salah satu perangkat yang banyak digunakan untuk menunjang kebutuhan orang sehari-hari, terutama dalam hal komunikasi. Tidak jauh dari PC atau komputer, dengan menggunakan HP android kita bisa melakukan pekerjaan seperti layaknya menggunakan komputer, kirim file, terima file, mengetik data, edit data dan sebagainya bisa dilakukan dalam genggaman kita tanpa harus membuka PC ataupun laptop.

Tapi, terkadang data yang kita simpan dalam hp rasanya tidak aman, apalagi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti hp hilang atau terkena virus yang membuat data hilang seketika, kalau sudah begitu data-data penting kita bisa terhapus secara permanen. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan agar data yang tersimpan di perangkat hp kita bisa tersimpan secara aman, yaitu dengan membackup data. Berikut ini Cara Backup Data dari hp ke PC:

  1. Software yang diperlukan adalah Android SDK Tools dan Java SE Development KIT atau JDK.
  2. Intstall kedua software berikut, dan Run software SDK Manager, jika sudah masuk, beri tanda centang di Android SDK Platform-Tools pada folder Tools. Jangan hilangkan atau diberi tanda centang dan tekan saja tombol Install Package.
  3. Setelah itu, aktifkan mode USB Debugging pada Developer Option di Android Anda, kemudian sambungkan ke perangakat PC dengan menggunakan kabel USB.
  4. Jika sudah tersambung ke PC, selanjutnya masuk ke sub-folder dan install Adb yang berada dengan menggunakan Window Expolorer dan biasanya ada di “data C:\User\username\AppData\Local\android\sdk\platform-tools\” dan selanjutkan arahkan kursor pada File-Open Command Prompt-Open Command Prompt as Administrator. Untuk username harus sesuai dengan perangkat kamu di PC.
  5. Kamu akan memasukan perintah umum seperti membackup data yang tersimpan secara default di folder, membackup data tapi tidak dengan aplikasinya, backup data tapi tidak semua dan dapat menentukan sendiri lokasi penyimpanan file.
  6. Setelah kamu memasukan perintah tersebut, dan nanti akan muncul new tabu untuk meminta persetujuan membackup data, dan kamu akan memasukan password terlebih dahulu ataupun langsung menekan tombol Back up my data.
  7. Proses membackup data akan memakan proses waktu yang cukup lama dan biarkan saja sampai proses selesai. Jika sudah selesai maka akan ditandai dengan toast notification yang bertuliskan Backup Complete, kemudian jika kamu melewati tanda tersebut, maka kamu masih bisa dipastikan dengan melihat program di CMD yang kembali ke directory setelahnya.

Itulah beberapa tahapan Cara Backup Data dari HP ke PC kamu, sehingga data yang telah di backup akan tersimpan dengan aman.

Leave a Reply