candi ijoAda banyak sekali candi yang ada di Yogyakarta. Salah satu candi yang akan saya bahas adalah candi ijo. Candi ijo ini adalah candi yang paling tinggi di Jogja. Dengan panaroma alam yang indah dipadu dengan budaya yang kental membuat candi ini banyak yang suka. Kamu juga bisa melihat lintasan pesawat karena candi inilah yang menjadi alasan landasan Bandara Adisucipto tidak bisa diperpanjang lagi ke arah timur. Sebelum tiba di Candi Ijo kamu harus melewati kompleks Istana Ratu Boko. Kamu bisa merasakan perjalanan yang sangat asyik khususnya buat kamu yang suka dengan budaya.

Di sana ada banyak sekali candi yang bertebaran. Satu dari candi yang ada disana adalah Candi Ijo. Memang belum banyak orang yang berbincang mengenai Candi Ijo. Meskipun begitu, Candi Ijo ini terletak di tempat yang paling tinggi dibandingkan dengan candi-candi yang ada di Jogja. Candi Ijo dibandun pada abad ke-9. Candi ini dibangun pada bukit yang bernama Bukit Hijau atau Gumuk Ijo dengan ketinggian 410m di atas permukaan laut. Dengan ketinggian seperti, kamu tidak hanya menikmati bangunan candi tetapi kamu juga bisa menikmati pemandangan alam di bawahnya.

Komplek Candi Ijo ini memiliki 17 struktur bangunan yang dibagi dengan 11 teras berundak. Teras yang pertama adalah teras berundak yang membujur dari arah barat ke timur. Teras ini bisa sebagai halaman untuk menuju pintu masuk candi. Pada teras ke 11 terdapat pagar keliling dengan lingga patok berjumlah 8 buah, candi utama berjumlah 4 bangunan, candi perwara berjumlah 3 buah. Banguan pada setiap teras diletakkan berdasarkan pada tingkat kesakralannya yang berarti bangunan yang berada di teras tertinggi adalah bangunan yang paling sakral. Saat pertama kali masuk ke Candi Ijo kamu sudah bisa menebak kalau candi Ijo ini termasuk candi Hindu. Di pintu masuk kamu bisa melihat makara dengan motif kepala ganda . motif ini bisa kamu jumpai pada candi Buddha yang berarti bahwa candi ijo ini adalah akulturasi dari kebudayaan Hindu dan Buddha.

Di Yogyakarta banyak peninggalan bersejarah yang di jadikan tempat wisata sejarah dan budaya. Selain terkenal dengan wisata sejarah dan budayanya di Yogyakarta juga mempunyai wisata alam yang sangat menarik untuk di kunjungi. Buat kamu yang akan berkunjung ke Yogyakarta gak ada salahnya klik http://wisataku.net/ yang merupakan pusat informasi tempat wisata di Yogyakarta. Yang bisa kamu jadikan untuk refrensi sebelum berlibur ke Yogyakarta. Selamat berlibur…

 

.

 

Leave a Reply