Mengacu pada kehidupan bermasyarakat pendidikan merupakan salah satu hal terpenting untuk kehidupan kita, hal ini mendandakan bawah setiap orang berhak mendapat dan berharap untuk selalu menambah pengetahuannya.

Bagaimana Memperoleh Pendidikan yang Layak?

pentingnya pendidikan

Jika dilihat secara umum pendidikan memiliki arti suatu proses kehidupan dalam menembangkan kualiras diri tiap individu untuk dapat hidup serta bertahan hidup.

Sehingga menjadi manusia terdidik sangatlah penting. Pendidikan tidak mesti di sekolah, tempat les dsbg, kita dapat belajar dari berbagai hal. Seperti halnya pendidikan pertama kali yang kita peroleh adalah dari keluarga, lingkungan tempat tinggal.

Lingkungan tempat tinggal serta keluarga merupakan pendidikan yang paling dominan membetuk sikap, karakter, dan etika hobi seperti bermain bola di rumput sintetis, skill jual ragi tempe misalnya. kenapa demiikian? Karena disitulah kita tinggal, dan disitupulalah kita bertahan hidup.

Secara garis besar seorang anak yang di sayangi oleh orang tua akan menyayangi keluarganya, sehingga anak akan merasakah bahwa ia diperhatikan dan dibutuhkan dalam keluarga.

Kenapa demiakian, karena keluarga merupakan sumber kekuatan yang membangunnya, dari etika-etika kita dapat dari lingkungan keluarga. Dengan begitu akan timbul suatu situasi saling membutuhkan dan saling membantu satu sama lain dalam mendukung tumbuh kembang sang anak.

Oleh sebab itu sejatinya orangtualah yang paling beriperan penting terhadap tumbuh kembang sang anak. Sebagai contoh anak yang suka bermain gitar dan seorang anak yang gemar membaca buku, keduanya sangat berbeda keahlian kita harus sadari ini dan mulai melatih mereka dan menemani mereka dengan apa yang mereka sukai.

Dalam kehidupan lingkungan keluarga harga diri dapat berkembang karena ia diterima, dicintai, dihargai, dan dihormati sebagai manusia yang utuh. Itulah sebabnya mengapa kita perlu pintar dalam pendidikan, ilmu pengetahuan.

Karena seseorang dinilai hanya dari dua hal, pertama adalah ucapan, orang akan dipandang baik jika ucapan dan apa yang keluar dari mulutnya adalah perkataan-perkataan baik, perkataan yang tidak menyakiti perasaan orang lain.

kedua tingkah laku, orang akan dilihat baik jika tingkah lakunya baik, adab kepada orang yang lebih tua, lebih muda, darinya bagaimana menyikapai semua itu kita perlu belajar.

Belajar Menghargai orang, dilain sisi kita juga sadar bahwa hidup di dunia ini hanyalah titipan tidak ada apa-apanya sehingga akan timbul sikap salaing menghargai satu sama lain.

Leave a Reply