Ikan Kakap dan Ikan Tongkol termasuk jenis ikan dengan kandungan nilai gizi tinggi. Rasanya yang lezat membuat keduanya sering dikreasikan menjadi masakan khas Indonesia dengan citarasa alami.

Aneka masakan ikan dipadukan dengan rempah-rempah tradisional menciptakan sensasi rasa berbeda. Seperti masakan Ikan Kakap Masak Lada Hitam dan Ikan Tongkol Bumbu Kuning yang akan kita coba berikut ini.

Resep Ikan Kakap Masak Lada Hitam

Ikan Kakap Masak Lada Hitam adalah satu diantara aneka masakan ikan dengan citarasa unik.

Bahan-bahan:

– 1/2 kg Ikan Kakap (dipotong menjadi beberapa bagian)
– 1 buah jeruk nipis (peras ambil airnya)
– 1 sdt lada hitam (ditumbuk kasar)
– 6 buah cabe rawit (atau menurut selera) dipotong menyerong
– 1 sdt air asam jawa
– 1 sdm saus tiram
– 2 batang serai (dimemarkan)
– Minyak goreng, gula dan garam secukupnya
– 1 cm jahe, 3 siung bawang putih, 6 butir bawang merah (ketiga bahan ini dihaluskan)

Cara membuat Ikan Kakap Masak Lada Hitam:

Ikan Kakap yang sudah dipotong-potong dicuci sampai bersih. Campurkan air perasan jeruk nipis dengan garam lalu balurkan ke potongan-potongan ikan. Biarkan meresap sekitar 15 menit.

Selanjutnya potongan Ikan Kakap kembali dicuci lalu tiriskan sebentar. Selama menunggu, panaskan minyak goreng dengan api sedang. Goreng Ikan Kakap hingga berwarna agak kecoklatan. Angkat dan sisihkan.

Panaskan minyak goreng secukupnya. tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga wangi. Berikutnya masukkan serai lalu aduk-aduk hingga rata. Campurkan air asam jawa, saus tiram, lada hitam, garam, gula dan air secukupnya lalu masukkan ke tumisan bumbu. Aduk kembali sampai rata.

Yang terakhir masukkan caber rawit iris dan Ikan Kakap yang sudah digoreng. Aduk pelan-pelan agar daging ikan tidak hancur. Kecilkan api lalu masak hingga semua bumbu meresap. Angkat dan letakkan di piring lebar. Ikan Mas Masak Lada Hitam siap disantap.

Resep Ikan Tongkol Bumbu Kuning

Tak kalah dengan Ikan Kakap, Ikan Tongkol juga banyak dikreasikan menjadi aneka masakan ikan yang super lezat. Salah satunya Ikan Tongkol Bumbu Kuning.

Bahan-bahan:

– 1 ekor Ikan Tongkol ukuran sedang
– 1 buah Tomat dipotong dadu
– 2 daun Salam
– 2 batang serai dimemarkan
– 2 cm Lengkuas dimemarkan
– 3 daun jeruk purut
– Kacang panjang (menurut selera)
– Daun bawang, cabe rawit, garam dan penyedap rasa secukupnya
– 250 ml santan
– Air secukupnya

Bahan yang dihaluskan:

– 5 siung bawang putih
– 8 butir bawang merah
– 1 ruas jahe
– 2 buah kemiri
– Cabe merah besar
– 1 cm kunyit

Cara memasak:

Setelah dibersihkan masak Ikan Tongkol dengan cara digoreng setengah matang lalu potong-potong menjadi beberapa bagian. Sisihkan sama seperti resep pepes ikan kembung.

Panaskan minyak lalu tumis bumbu yang udah dihaluskan kemudian masukkan cabe rawit, serai dan lengkuas yang sudah dimemarkan, daun salam dan daun jeruk purut. Tumis hingga menguning dan harum.

Setelah tercampur rata masukkan potongan Ikan Tongkol, masak bersama tumisan bumbu. Masukkan santan dan air. Tunggu sampai mendidih. Selanjutnya masukkan potongan Tomat dan kacang panjang. Aduk hingga matang. Angkat lalu sajikan.

2/3 wilayah Indonesia adalah perairan dengan hasil ikan melimpah. Resep Masakan Ikan Kakap Masak Lada Hitam dan Resep Ikan Tongkol Bumbu Kuning adalah 2 diantara aneka masakan ikan di Indonesia yang cukup populer. Banyak ide kreatif yang bisa Anda ciptakan sendiri dengan bumbu-bumbu berbeda dengan bahan ikan yang sama.

Leave a Reply