Alat Kesehatan Laboratorium merupakan salah satu jenis alat kesehatan yang banyak kita temukan. Namun fungsi utamanya lebih condong digunakan untuk diagnose dan penelitian. Tidak langsung berfungsi untuk menyembuhkan penyakit yang dialami pasien walaupun tujuan ahir dari setiap instrument kesehtan adalah mengacu  pada tujuan ini.

Jenis Alat Kesehatan

Seperti yang telah saya kemukakan di atas bahwa ada beberapa jenis alat kesehtan yang diklasifikasikan berdasarkan fungsi, cara kerja, dan juga kontinuitas pemakaian. Salah satu jenis alat kesehatan yang termasuk dalam klasifikasi fungsinya adalah alat kesehatan laboratorium.  Artikel ini selengkapnya akan membahas tentang alat kesehatan laboratorium, contoh dan fungsinya.

Alat Kesehatan Laboratorium

Telah banyak dibahas mengenai definisi alat kesehtan. Dimana secara umum alat kesehatan adalah instrument, apparatus, atau mesin yang berfungsi untuk mencegah dan mendiagnosa penyakit, menyembuhkan, merawat, dan memulihkan kesehatan manusia, serta untuk memperbaiki fungsi jaringan tubuh.

Alat Kesehatan Laboratorium

Sedangkan alat kesehatan laboratorium kita definisikan sebagai alat kesehtan yang digunakan sebagai bagian dari sarana  dan prasarana penunjang laboratorium kesehatan. Berikut penjelasan contoh beberapa alat kesehtan laboratorium dan fungsinya :

Hematology Analyzer

Tidak tanggung – tanggung kita bawakan contoh sebuah alat unit yang cukup komplek dan memiliki fungsi yang sangat penting untuk laboratorium medis baik di Rumah Sakit, Klinik dan Pusat Pelayanan Kesehatan lainya.

Jual Hematology Analyzer

Apa sih fungsi alat ini ? Hematology adalah sebuah kata yang berhubungan dengan darah. Analyzer bermakna alat untuk menganalisa. Jadi fungsi alat ini kita ambil dari namanya adalah untuk menganalisa darah. Parameter apa yang dianalisa ?

Parameter mesin Hematology diantaranya trombosit, leukosit, HB dan sejenisnya yang masih berhubungan dengan sel – sel darah. Dengan alat ini kita dapat melihat nilai atau jumlah sel – sel tersebut apakah dalam batas normal atau kurang.

Alat hematology analyzer ini bisa anda dapatkan di distributor alat kesehatan yang jual hematology analyzer dengan berbagai jenis dan merk sesuai dengan kebutuhan Laboratorium anda.

Centrifuge, Rotator dan Mixer

Ketiga alat tersebut juga dapat kita masukan ke dalam golongan alat kesehatan laboratorium. Meskipun merka hanya merupakan alat pendukung namun tetap fungsinya adalah untuk laboratorium.

Centrifuge, Rotator dan Mixer tidak terlalu jauh berbeda diantara ketiganya. Centrifuge berfungsi untuk memisahkan zat terlarut dengan endapannya dengan cara memutar pada titik tengah dengan putaran yang kuat sehingga partikel yang lebih berat akan terpisah karena terdorong berlawanan dari pusat putaran. Rotator dan mixer berfungsi untuk menghomogenkan larutan dengan cara memutar dan mencampur.

Tabung Reaksi

Tabung dengan ukuran tertentu yang dilengkapi dengan skala ini digunakan untuk meletakan sample dan  juga sekaligus bisa digunakan untuk mereaksikan dan membuat sample. Contohnya pada pemeriksaan darah dengan alat hematology yang telah kita bahas diatas. Selain alat tersebut juga terdapat peralatan lain diantaranya tabung reaksi, mikropipet, centrifuge untuk memisahkan darah dengan serum.

Beli Alat Laboratorium

Alat kesehatan laboratorium merupakan kebutuhan yang cukup penting untuk penunjang laboratorium baik medis, kimia, biologi dan yang lainya. Sekedar informasi bagi anda yang saat ini sedang membutuhkan alat – alat kesehtan laboratorium. Anda bisa mendapatkanya di Distributor Alat Kesehatan Laboratorium Resmi Glorya Medica.

Leave a Reply