Peluang usaha baru

Salah satu kunci sukses menggerakkan perekonomian Indonesia adalah banyaknya wirausahawan dan ide kreatif yang menghasilkan berbagai peluang usaha di masyarakat. Pemerintah sangat perduli tentang hal ini sehingga dibentuk Badan Ekonomi Kreatif untuk mendukung ide-ide kreatif menjadi sebuah bisnis riil yang punya nilai ekonomi

Tentunya ini adalah sebuah kesempatan yang sangat baik bagi kita yang masih mudah dan memiliki jiwa wirausahawan. Kesempatan untuk merealisasikan ide kreatif menjadi sebuah bisnis sudah ada di depan mata, tinggal bagaimana kita memulainya.

Berikut ini adalah 10 peluang wirausaha baru yang belum banyak diketahui:

1. Membuat Kotak Rokok Bermotif Unik

Bukan bermaksud untuk mendukung kegiatan merokok yang jelas merusak kesehatan. Namun ini adalah sebatas ide kreatif yang bisa dimanfaatkan menjadi peluang wirausaha yang menghasilkan.

Kita tidak bisa menepis fakta bahwa jumlah perokok di Indonesia masih sangat banyak, dan kelihatannya mengalami peningkatan. Mereka yang kreatif memanfaatkan peluang ini bisa menjual kotak rokok yang unik dan bermotif menarik, misalnya gambar pembalap, gambar batik, gambar otomotif, dan lain sebagainya.

2. Kompor Dengan Bahan Bakar Khusus

Bisnis ini sangat cocok bagi mereka yang mencintai dunia sains dan bidang ilmiah, tetapi masih memiliki jiwa bisnis yang tinggi. Dengan meningkatnya harga bahan bakar dan gas di Indonesia, kemampuan dalam membuat kompor berbahan bakar non minyak bumi (misalnya bahan bakar minya nabati) sangat berpeluang untuk mendapatkan perhatian masyarakat.

Walaupun tidak akan langsung populer, kompor berbahan bakar minya nabati bisa memberikan keuntungan ganda. Anda bisa berbisnis sambil berkampanye cinta lingkungan ke masyarakat.

3. Pengecatan Air Brush

Mereka yang mencintai seni pasti sangat menghargai karya seni orang lain yang memang unik. Salah satu seni yang bisa menjadi sebuah peluang usaha adalah Air Brush. Teknik seni rupa yang memanfaatkan tekanan udara untuk membuat lukisan ini banyak sekali digunakan untuk mempercantik peralatan, seperti helm, motor, mobil, dan lain-lain.

Mereka yang memiliki kemampuan dalam membuat lukisan menarik menggunakan Air Brush bisa memanfaatkan keterampilan tersebut sebagai bisnis. Kemungkinan besar akan semakin banyak orang yang membutuhkan jasa ini karena punya daya tarik tersendiri.

4. Flip Cover Komputer Tablet

Tablet dan smartphone adalah perangkat yang sudah sangat akrab dengan masyarakat Indonesia. Banyak pemilik gadget tersebut yang ingin memasang cover untuk table/ smartphone mereka. Selain untuk melindungi gadget mereka, flip cover ini juga membuat tampilan gadget tersebut menjadi lebih menarik.

Walaupun saat ini penjual flip cover gadget sudah banyak, Anda tetap bisa meraup keuntungan dari bisnis ini dengan menjual flip cover yang unik, misalnya flip cover bermotif batik. Karena masih jarang yang menjualnya, motif batik ini pasti akan laris manis di pasaran.

5. Menjual Produk Daur Ulang

Saat ini ada banyak himbauan kepada masyarakat untuk mendukung gerakan ramah lingkungan (go green). Ternyata gerakan ini memberikan peluang tersendiri bagi mereka yang bisa memanfaatkannya dengan baik.

Salah satu peluang bisnis dari kegiatan ramah lingkungan ini adalah dengan membuka bisnis kerajinan dari bubur kertas, atau membuka bisnis pembuatan plastik kresek daur ulang. Salah satu keuntungan di bisnis ini adalah bahan-bahan utama yang digunakan merupakan barang bekas.

6. Berbisnis Kuliner Sederhana

Bisnis kuliner dipastikan tidak akan ada matinya sepanjang masa. Dan ada saja bisnis kuliner yang baru bermunculan setiap saat yang membuat persaingan di bisnis ini menjadi semakin ketat.

Bisnis kuliner sederhana membutuhkan kreativitas tinggi dari para pelaku bisnis ini. Bila tidak ada inovasi maka bisa dipastikan bisnis tersebut akan kehilangan pasar dan bisa saja gulung tikar.

Inovasi di bisnis kuliner sederhana ini bisa dilakukan dengan berbagai cara yang disesuaikan dengan permintaan konsumen. Misalnya, bakso yang dulunya biasa saja sekarang ada bakso isi keju, bakso berukuran jumbo, dan lain-lain.

7. Berbisnis Online Menjadi Penulis

Bisnis online saat ini sedang booming, dan kemungkinan besar akan semakin berkembang di masa mendatang. Tentunya Anda tidak ingin hanya menjadi penonton, pastikan Anda memiliki bisnis online sendiri di tahun ini.

Salah satu bisnis online yang cukup marak saat ini adalah menjadi penulis artikel. Profesi ini sangat potensial karena sekarang ini permintaan jasa penulis artikel semakin meningkat dari tahun ke tahun. Permintaan jasa penulis artikel ini datang dari para pemilik website dan para pengusaha yang ingin mengupdate konten di website mereka.

8. Berbisnis Online Menjadi Broker

Sebenarnya peluang bisnis ini sudah cukup banyak dijalankan masyarakat Indonesia. Namun, peluangnya masih sangat besar dan cukup menjanjikan untuk jangka lama.

Menjadi broker online ini berbeda dengan broker offline. Kita bisa mengarahkan calon pembeli untuk membeli sebuah produk atau barang melalui internet tanpa harus bertemu secara langsung.

Beberapa bidang usaha yang berhubungan dengan broker online diantaranya: bisnis properti, bisnis ecommerce, bisnis di bidang jasa, dan lainnya. Sama halnya dengan broker offline, para broker online ini harus bisa membangun reputasi baik di internet sehingga mendapatkan kepercayaan dari orang banyak.

Nah, di atas tadi adalah delapan peluang usaha terbaru yang belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Pilihlah salah satu peluang usaha yang sesuai dengan bidang dan minat Anda agar lebih mudah dijalankan. Selamat berwirausaha.

Leave a Reply